Design system adalah kumpulan komponen berupa layout, tipografi, bentuk, serta warna yang bekerja sama membentuk suatu sistem tertentu. Sistem inilah yang nantinya bisa menjadi identitas sebuah brand atau produk. Design system yang baik dapat memberikan pengalaman yang sempurna bagi penggunanya.

Contoh sederhananya yang bisa kita temukan adalah design system yang dimiliki oleh milik Google. Mungkin kita tidak menyadari, tapi pernahkah kita berpikir setiap kali menggunakan produk Google baik itu Maps, hingga YouTube, semua produk tersebut terasa familier? itulah keajaiban design system.

Dengan menggunakan design system kita bisa membuat desain sebuah produk baru dengan lebih cepat dan tepat, karena kita sudah memiliki pondasi yang kuat. Tentang bagaimana standar layout yang akan digunakan, pilihan warna yang digunakan maupun ukuran atau jenis font yang nantinya akan digunakan. 

Pada webinar yang dibawakan oleh Adnan Zulkarnain, S.Kom., M.M.S.I. mahasiswa banyak belajar tentang apa itu design system, bagaimana membuat design system sendiri, bagaimana menggunakan design system dan bagaimana mengembangkan design system.